Blackberry kini menjadi trend karena fitur-fiturnya dinilai menunjang aktivitas sehari-hari. Salah satu yang terpenting adalah layanan e-mail, terutama bagi para konsumer bisnis atau pekerja mobile. Akan tetapi, sebagian user sering kecewa ketika mereka tidak bisa membuka lampiran (attachment) pada e-mail penting yang diterimanya.
Masalah ini bisa saja terjadi pada lingkungan BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry Device Software 4.0, BlackBerry Internet Service 2.0, pada sejumlah ponsel pintar BlackBerry. Pihak RIM, melalui BlackBerry Technical Solution Center, mensinyalir ada tiga hal yang menyebabkan masalah tersebut muncul.
Berikut resolusi yang ditawarkannya adalah sebagai berikut:
1. Layanan attachment BlackBerry belum terinstal pada BB Anda.
Solusi:
* Sambungkan BB Anda ke komputer.
* Pada BlackBerry Desktop Manager, double-click Application Loader.
* Klik Next.
* Jika dimintai password, ketik password BB Anda.
* Layar Device Application Selection akan muncul.
* Pastikan Anda telah memilih opsi BlackBerry Attachment Service.
* Klik Next.
* Klik Finish.
2. Penyedia jasa layanan nirkabel membatasi Anda untuk membuka attachment pada BlackBerry Internet Service.
Solusi:
* Hubungi operator telekomunikasi yang menyediakan jasa layanan nirkabel pada BlackBerry Anda. Di Indonesia, sementara ini terdapat tiga operator besar yang ditunjuk sebagai mitra RIM, yakni Indosat, XL, dan Telkomsel.
3. Jika BlackBerry Desktop Manager Anda telah dikonfigurasi untuk menggunakan BlackBerry Desktop Redirector, maka ponsel pintar Anda tidak dimungkinkan untuk melihat lampiran pada e-mail. BlackBerry Desktop Redirector memang tidak didesain untuk melihat lampiran e-mail.
Solusi:
* Uninstal BlackBerry Desktop Manager terlebih dahulu.
* Instal ulang BlackBerry Desktop Manager, lalu pilih BlackBerry Internet Service.
* Hapus Desktop [CMIME] dan Desktop [CICAL] dari buku layanan (service books) pada BlackBerry Anda.
No comments:
Post a Comment